Di Republik Federal Jerman, tanggung jawab sistem pendidikan dibagi antara Federasi dan Länder. Ruang lingkup tanggung jawab Pemerintah Federal di bidang pendidikan didefinisikan dalam Hukum Dasar (Grundgesetz). Kecuali Hukum Dasar memberikan kekuasaan legislatif kepada Federasi, Länder memiliki hak untuk membuat undang-undang. Dalam sistem pendidikan, hal ini berlaku untuk sektor sekolah, sektor pendidikan tinggi, pendidikan orang dewasa dan pendidikan berkelanjutan. Administrasi sistem pendidikan di daerah-daerah ini hampir secara eksklusif menjadi urusan Länder.

Sistem Pendidikan Di Republik Federal Jerman

Pendidikan dan Perawatan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini disediakan oleh lembaga yang melayani anak-anak sampai usia enam tahun di mana mereka biasanya mulai sekolah. Anak-anak usia sekolah yang belum mencapai tingkat perkembangan yang memadai untuk bersekolah memiliki pilihan lebih lanjut di beberapa Länder, yaitu Schulkindergärten dan Vorklassen. Lembaga-lembaga ini baik ditugaskan untuk anak usia dini atau sektor primer sesuai dengan Tanah tertentu.

Wajib Belajar

Sebagai aturan, wajib belajar umum dimulai untuk semua anak di Republik Federal Jerman pada tahun di mana mereka mencapai usia enam tahun dan melibatkan sembilan tahun sekolah penuh waktu. Anak-anak muda yang tidak mengikuti pendidikan penuh waktu sekolah umum atau sekolah kejuruan di tingkat menengah atas setelah mereka menyelesaikan masa wajib belajar sekolah umum tetap harus mengikuti sekolah paruh waktu (wajib Berufsschule kehadiran). Ini biasanya berlangsung tiga tahun.

Pendidikan Utama

Sebagai aturan, pada tahun di mana anak-anak mencapai usia enam tahun, mereka wajib slot online gampang menang bersekolah di sekolah dasar. Semua murid di Jerman masuk Grundschule yang di hampir semua Länder mencakup kelas 1 sampai 4 (di Berlin dan Brandenburg kelas 1 sampai 6).

Pendidikan Kedua

Setelah tahap sekolah dasar, pendidikan menengah di Länder ditandai dengan pembagian ke dalam berbagai jalur pendidikan dengan sertifikat dan kualifikasi cuti masing-masing yang bertanggung jawab untuk berbagai jenis sekolah. Setelah siswa menyelesaikan sekolah wajib mereka pindah ke pendidikan menengah atas. Berbagai kursus yang ditawarkan termasuk pendidikan umum penuh waktu dan sekolah kejuruan, serta pelatihan kejuruan dalam Sistem ganda. Setelah murid menyelesaikan sekolah wajib umumnya ketika mereka mencapai usia 15 tahun mereka pindah ke pendidikan menengah atas. Jenis sekolah yang dimasuki tergantung pada kualifikasi dan hak yang diperoleh pada akhir pendidikan menengah pertama. Berbagai kursus yang ditawarkan meliputi pendidikan umum penuh waktu dan sekolah kejuruan, serta pendidikan dan pelatihan kejuruan dalam Sistem ganda.

Pendidikan Tinggi

Sektor tersier meliputi institusi pendidikan tinggi (universitas, Fachhochschulen, perguruan tinggi seni dan musik) dan institusi lain yang menawarkan kursus studi yang memenuhi syarat untuk memasuki suatu profesi kepada siswa yang telah menyelesaikan tingkat menengah atas dan memperoleh kualifikasi masuk pendidikan tinggi. Selain itu ada beberapa perguruan tinggi khusus yang hanya menerima golongan tertentu saja, misalnya lembaga pendidikan tinggi Angkatan Bersenjata Federal dan Verwaltungsfachhochschulen, dan tidak dipertimbangkan. Mereka yang memiliki kualifikasi masuk pendidikan tinggi juga dapat memilih untuk memasuki Berufsakademie yang ditawarkan oleh beberapa Länder sebagai alternatif pendidikan tinggi.