Perkembangan kurikulum di Amerika Serikat menjadi standar pendidikan dunia, sistem pendidikan di Amerika Serikat sangat diakui banyak negara. Banyaknya Universitas dunia ternama yang berada di Amerika Serikat, membuat sistem mereka sangat diacungi jempol.

Sistem Pendidikan di Amerika Serikat

Mengintip Sistem Pendidikan di Amerika Serikat

Sama seperti di Indonesia, jenjang pendidikan di Amerika harus melewati TK / Kindergarten. Bedanya adalah Secondary School hanya sampai grade 5 / 4, tergantung dari sisitem kurikulum pada school district tersebut.

Jenjang pendidikan menengah di Amerika Serikat dibagi menjadi dua tahap (middle school/ junior high). Faktor yang dinilai untuk middle school/ junior high ini adalah demografi seperti jumlah usia siswa sekolah menegah.

Serta pelajar middle school/ junior high diwajibkan mengambil mata pelajaran wajib (mandatory subjects) : Science, Mathematics, English, & Physical education.

Keunggulan Sistem Pendidikan di Amerika Serikat

Sistem Pendidikan di Amerika Serikat

Agar anda tidak sekedar tahu kalau pendidikan di Amerika Serikat terkenal sangat bagus. Yuk baca kenapa pendidikan disana dijadikan standar bayak negara maju !

  • Gaya Sistem Pendidikan yang Berbasis Diskusi

Seperti yang anda lihat di berbagai film barat Amerika. Siswa yang ada di berbagai universitas cenderung lebih sering melakukan sistem berdiskusi, antara dosen dengan siswa, bergitu juga siswa dengan siswa.

Dengan sistem ini semua ide / gagasan baru selalu muncul, sehingga mampu melatih banyak siswa nya untuk berani melakukan experimen sendiri.

  • Kualitas Diakui Dunia

Beberapa universitas yang ada di Amerika mendominasi dalam riset mengenai 500 univeritas terbaik yang ada di dunia.

  • Basis Pendidikan STEAM

STEAM adalah salah satu sistem belajar orang amerika, yaitu dengan metode pembelajaran terapan menggunakan pendekatan antar ilmu. Menurut survei yang dilakukan oleh National Science Foundation pada tahun 2007 lalu, setidaknya 80% lapangan pekerjaan yang ada di dunia membutuhkan tenaga kerja dengan kemampuan STEAM yang tinggi.

Di Indonesia sendiri tidak ada Universitas yang menerapkan sistem belajar STEAM, selain Sampoerna University. Kamu hanya bisa mendapatkan sistem tesebut hanya pada Sampoerna University saja, satu-satunya Universitas yg memakai sistem pendidikan STEAM. Namun memang biaya untuk mengambil gelar disana terbilang mahal, sehingga tidak banyak kalangan bisa masuk.