Sistem Belajar Online Dimasa Pandemi

Sistem Belajar Online Dimasa Pandemi

Sejak awal tahun dunia sedang diramainkan dengan adanya penemuan virus bernama Corona (COVID19). Hal ini bukan hanya berdampak pada perkembangan ekonomi dunia, namun juga berimbas sampai ke sektor pendidikan. Para pakar pendidikan melihat perkembangan anak / pelajar tidak boleh berhenti meski sedang masa pandemi. Sehingga mereka menerapkan beberapa ide untuk metode aman buat belajar dalam masa penyebaran virus corona saat ini.

6 Metode Belajar Sistem Belajar Online Dimasa Pandemi

Sistem Belajar Online Dimasa Pandemi

  • Project Based Learning

Untuk metode ini sendiri diusulkan oleh hasil implikasi dari Surat Edaran Mendikbud no.4 tahun 2020. Project based learning ini memiliki tujuan utama untuk memberikan pelatihan kepada pelajar untuk lebih bisa berkolaborasi, gotong royong, dan empati dengan sesama. Mendikbud menilai kalau cara ini sangat efektif untuk para pelajar dengan membentuk kelompok belajar kecil dalam mengerjakan projek, eksperimen, dan inovasi.

  • Daring Method

Metode daring sepertinya sudah berjalan saat ini diberbagai bidang sektor pendidikan. Kemendikbud mengungkapkan bahwa metode daring bisa mengantasi permasalahan yang terjadi selama pandemi ini berlangsung. Pelajar diminta untuk tetap bisa menjaga kesehatan mereka sembari tetap belajar dengan menggunakan semua fasilitas dari rumah secara daring (online).

  • Luring Method

pembelajaran Luring Method, dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan zonasi dan protokol kesehatan yang berlaku. Dimana pemerintah Jokowi sudah memberlakukan era baru (New Normal), namun kita mempunyai aturan protokol kesehatan yg harus tetap diterapkan. Para siswa akan diajar secara bergiliran (shift model) agar menghindari kerumunan.

  • Home Visit Method

Kurang lebih seperti Home Schooling, pengajar mengadakan home visit di rumah pelajar dalam waktu tertentu. Namun guru yang akan dipakai cukup terbatas, tapi materi pelajaran dan keberadaan tugas yang diberikan sangat bagus.

  • Integrated Curriculum

Untuk sistem Integrated Curriculum, pelajar bakal mendapatkan lebih dari 1 materi pembelajaran. Pelajar diberikan hal untuk melakukan kerjasama dalam mengerjakan projek, dosen lain juga diberi kesempatan untuk mengadakan team teaching dengan dosen pada mata kuliah lainnya.

  • Blended Learning

Blended Learning sudah mulai diterapkan, dimana menggunakan sistem daring sekaligus tatap muka melalui video converence. Sistem belajar ini sebenarnya sudah mulai dirancang dan diterapkan awal abad ke-21.

Share this post

Post navigation

You might be interested in...