Sistem Belajar di Jepang

Pendidikan di Jepang mencakup pendidikan formal di sekolah, pendidikan moral di rumah, dan pendidikan masyarakat. Wajib belajar pendidikan dasar dan menengah berlaku untuk penduduk berusia 6 tahun hingga 15 tahun. Tapi di Jepang ketetapan ini berlaku untuk semua penduduk asli & pendatang asing.

Disana semua orang tua wajib menyekolahkan anak-anak mereka sampe 15 tahun, ada sanksi yang diberikan bagi orang tua jika tidak memberikan pendidikan wajib kepada anaknya. 97% sekolah di Jepang adalah negeri, dimana pemerintah memberikan fasilitas untuk belajar kepada anak hingga 15 tahun secara gratis.

Sistem Belajar di Jepang

Sehingga orangtua tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk pendidikan mereka. Cukup melengkapi berbagai fasilitas seperti buku, baju, dan lain sebagainya. Transportasi untuk anak sekolah negeri juga tersedia, semua fasilitas dibuat sangat mudah & nyaman agar pendidikan disana tidak ketinggalan dari negara maju lainnya.

Bagi pemerintah Jepang, generasi muda adalah penentu kemajuan negeri mereka. Sehingga sebisa mungkin anak disana yang memiliki kemampuan pasti berani dibiayai 100% oleh pemerintahnya, bahkan anak – anak berprestasi disana diberikan gajih untuk terus mengembangkan dirinya bagi negeri.

7 Tujuan Sistem Belajar di Jepang Yang Di Akui di Asia – Eropa

Sistem Belajar di Jepang

  1. Mengembangkan kepribadian setiap individu secara utuh.
  2. Berusaha keras mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas baik pikiran maupun jasmani.
  3. Mengajarkan kepada setiap siswa agar senantiasa memelihara keadilan dan kebenaran.
  4. Setiap siswa dididik untuk selalu menjaga keharmonisan dan menghargai terhadap lingkungan sosialnya.
  5. Setiap siswa dituntut untuk disiplin, menghargai waktu, dan memiliki etos kerja.
  6. Pengembangan sikap bertanggungjawab terhadap setiap pembebanan pelajaran dan tugas yang diberikan kepada siswa sesuai dengan tingkat pendidikannya masing-masing.
  7. Meningkatkan semangat independen setiap siswa untuk membangun negara dan menjaga perdamaian dunia.

Dengan sistem belajar yang telah dikembangkan di Jepang ini, terbukti melalui prestasi generasi muda disana. Mampu bersaing dalam ranah internasional. Dengan loyalitas para pengajar dan tingkat kedisiplinan pelajar, akhirnya dapat menciptakan banyak SDM berkualitas. Banyak negara di Asia & Eropa mulai mengikuti sistem belajar cerdas & sehat dari negeri Sakura tersebut.

Share this post

Post navigation

You might be interested in...