Perkembangan Edukasi di Indonesia

Pada perkembangan edukasi di Indonesia tentunya banyak perbedaan sejak periode kemerdekaan. Sistem penyampaian edukasi juga semakin berkembang secara baik dari dulu hingga sekarang. Indonesia merupakan negara berkembang di Asia, namun sektor pendidikan sudah terbilang berlangsung sangat baik.

Perkembangan Edukasi di Indonesia

Salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia adalah dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia sejak sedini mungkin ,dimulai dari play group/Paud ,TK , SD ,SLTP, SMA/SMK ,sampai ke Perguruan tinggi. Pemerintah sendiri sadar, agar negara ini maju maka SDM sangat dibutuhkan terlebih dahulu.

Perkembangan Edukasi di Indonesia

Pastinya kita semua sudah sering mendengar pribahasa ini “Pendidikan Adalah Gerbang Menuju Kesuksesan. Perencangan Kurikulum pertama kali dirancang pada tahun 1947, dimana diartikan untuk penyusunan perencanaan sistem pembelajaran.

Perkembangan Edukasi di Indonesia

Rencana Pelajaran pun dikembangkan menjadi Rencana Pelajaran Terurai pada tahun 1952, yang dilanjutkan menjadi “Rencana Pendidikan” 1964. Kemudian perencanaan kurikulum yang sempat terhenti berjalan pada tahun 1968, kemudian berkembang dengan istilah kurikulum baru 1975, 1984 dan 1994. Hingga saat ini, setidaknya sistem pendidikan di Indonesia telah berganti kurikulum sebanyak 10 kali, sejak dimulai dari tahun 1947.

Pada tahun 2019 sendiri, pemerintah telah mencanangkan anggaran pendidikan sebesar 492,5 Triliun Rupiah, dengan rincian 163,1 T untuk pusat, 308, 4 T untuk daerah, dan 21 T untuk pembiayaan. Angka ini tumbuh sebesar 11,4 persen dibanding anggaran tahun 2018. Anggaran ini tidaklah kecil, sehingga Pemerintah diminta bisa menjalankan anggaran tersebut secara bijak.

Saat ini pemerintah tetap meningkatkan kemajuan pendidikan di perkotaan. Namun lebih gencar pada daerah – daerah terpencil, memberikan fasilitas kepada sekolah pinggiran tertentu yang ditunjuk oleh Pemerintah. Meningkatkan kualitas sekolah dan tentu juga untuk meningkatkan kualitas seumber daya manusianya itu sendiri.

Untuk proses menjalankan pendidikan di Indonesia sendiri Pancasila menjadi landasan ideologi dasar. Landasan ini bersifat mengikat dan memiliki kekuatan hukum bagi pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia. Hal ini dilakukan mengingat pentingnya pendidikan bagi mutu dan kualitas bangsa. Permerintah juga punya program khusus untuk menyelesaikan misi pembangunan pendidikan daerah.

Share this post

Post navigation

You might be interested in...