Fakta Pendidikan di Korea Selatan

Negeri Ginseng / Korea Selatan ini cukup terkenal dengan berbagai Drama Korea nya yang sangat romantis. Namun sistem pendidikan disana tidak seindah Drama yang anda tonton selama ini. Tapi dengan sistem yang mereka miliki tersebut, Korsel masuk salah satu negara Asia yang berhasil menembus peringkat negara dengan pendidikan terbaik di dunia.

Fakta Pendidikan di Korea Selatan

5 Fakta Pendidikan di Korea Selatan Yang Mengejutkan

  • Jam Sekolah Sangat Padat

Untuk siswa yang belajar di Korea Selatan wajib belajar 16 jam sehari. Sangat sering pelajar disana belajar dari pagi sampai malam hari, makanya kebanyakan siswa Korea Selatan menggunakan kaca mata.

Tapi tingkat stres yang dialami oleh para pelajar dari Korea Selatan ini juga sangat tinggi. Ini dia pencatata spesifik tentang jam belajar disana:

  1. Siswa umur 13 dan 14 tahun bersekolah sampai jam 5 sore
  2. Siswa umur 15 tahun bersekolah sampai jam 7 malam
  3. Siswa umur 16-18tahun bersekolah dari jam 7 pagi sampai 10 malam
  • Ada Lima Mata Pelajaran Utama

Untuk melangsungkan standar pendidikan yang baik, pemerintah dan lembaga pendidikan setiap sekolah harus memberikan 5 mata pelajaran utama yaitu matematika, sains, bahasa Korea, studi sosial, dan bahasa Inggris.

Selain pelajaran, ternyata ekstrakurikuler sangat penting perannya dalam sistem pendidikan Korea Selatan. Karena saat akan memasuki Universitas biasanya ekskul bisa “memperindah” portofolio mereka untuk daftar masuk kuliah.

Fakta Pendidikan di Korea Selatan

  • Sekolah Full Sampai Weekend

Pelajar di Indonesia bisa dikatakan sangat beruntung, begitu juga para gurunya. Karena mereka bisa libur di hari minggu dan sekolah setengah hari saat Sabtu.

Namun tidak di Korea Selatan, sabtu pun mereka tetap mengikuti pelajaran penuh. Dan minggu disusuk untuk mengikuti ekstra kulikuler.

  • Hukuman Fisik Masih Berlaku

Setiap kali siswa melanggar aturan atau menyela pelajaran di kelas, guru masih menghukum mereka secara fisik. Sebuah penelitian oleh Profesor dari Universitas Dong-eui pada tahun 2011 menunjukkan 94,6% siswa yang menjadi objek penelitiannya pernah mengalami hukuman fisik dari guru di sekolah. Ketentuan ini masih berlaku di semua sekolah Korea Selatan hingga sekarang.

  • Fasilitas Pendidikan Sangat Lengkap

Nah yang terakhir ini sangat bagus, meski di sekolah pelosok Korea Selatan tetap memiliki fasilitas terbaik sama seperti di perkotaan. Adapun beberapa perlengkapan fasilitas di sekolah adalah seperti layar proyektor, komputer, dan internet.

Share this post

Post navigation

You might be interested in...